Breeding murai batu Pamela BF Temanggung andalkan indukan Death Adder (L-230)

Breeding murai batu. Leuser Bird Shop sangat konsisten dalam penangkaran / breeding murai batu bahorok dan murai batu marike. Tak hanya sekadar menangkar sendiri di Pekanbaru, Leuser Bird Shop juga memiliki beberapa mitra binaan sesama penangkar murai batu di sejumlah daerah. Salah satunya adalah Pamela Bird Farm (BF) Temanggung.

Penangkaran murai batu Pamela BF milik Om Joko Temanggung ini bermarkas di Jalan Saubari No 56, Jetis Lor, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah. Selama ini, Om Joko memang kerap membeli materi induk murai batu dari Leuser Bird Shop milik Om Johan Shia.

Om Joko Temanggung
Om Joko Temanggung bersama istri di depan kandang penangkaran murai batu Pamela BF, Parakan, Temanggung.

Salah satu indukan hebat yang dibeli Om Joko dari Leuser Bird Shop adalah murai batu Death Adder (kode L-230). Dua ekor murai batu prospek juga diboyongnya dari Om Johan Shia, yakni L-193 dan L-940, yang kini sudah dewasa dan menjadi induk unggulan pula di kandang Pamela BF.

Meski breeding murai batu Pamela BF memang belum lama berdiri, Om Joko Temanggung ingin fokus mencetak trotolan murai batu trah juara, dengan menggunakan materi indukan yang berkualitas, khususnya murai batu dari Bahorok dan Marike yang dipasok Om Johan Shia.

“Sekarang sudah ada 15 petak kandang, tapi belum semuanya terisi pasangan induk. Sedikit dahulu nggak apa-apa, yang penting produknya berkualitas,” ujar Om Joko yang juga dikenal sebagai pemain lomba dan bergabung dengan Temanggung All Star.

breeding murai batu Pamela BF Temanggung
Murai batu L-193 saat lepas trotol, kini menjadi salah satu indukan di Pamela BF.

Menurut dia, proses breeding murai batu bahorok sangat prospektif. Banyak pemain lomba yang mencari murai batu bahorok dan murai batu marike. Ini terbukti dari banyaknya permintaan rekan-rekan sesama pemain. Mereka bahkan rela indent trotolan murai batu produksi Pamela BF.

breeding murai batu Pamela BF Temanggung
Murai batu L-940 juga induk unggulan di Pamela BF.

Salah satu materi indukan favorit para pembeli dan pelanggan adalah murai batu Death Adder. Selain terlihat dari postur dan kualitas penampilannya, burung ini juga menyimpan cerita tersendiri di kalangan pemikat murai batu di kawasan Sei Wampu atau Sungai Wampu, yakni sebuah kawasan yang membelah Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Menurut Om Johan Shia, sebagaimana didengarnya langsung dari para pemikat murai batu, Death Adder pernah menjadi “penguasa” di kawasan Sei Wampu. Murai ini kerap dilihat para pemikat setempat di kawasan air terjun.

breeding murai batu Pamela BF
Ini dia murai batu Death Adder, mantan penguasa kawasan air terjun Sei Wampu.

Kawasan air terjun Sei Wampu, atau sering juga disebut Lau Biang, dulu menjadi habitat puluhan ekor murai batu. Tetapi sejak kehadiran Death Adder, murai-murai lainnya kabur ke daerah lain. Di alam liar, murai batu termasuk burung teritorial. Setiap wilayah akan dikuasai burung tertentu yang dianggap paling sangar.

Selama empat tahun, Death Adder yang memiliki panjang ekor 23 cm itu mendiami kawasan air terjun Sei Wampu. Para pemikat berlomba-lomba mendapatkannya, karena punya suara sangat lantang.

breeding murai batu
Murai batu Death Adder ketika masih di Leuser BS Pekanbaru: Saat itu panjang ekornya sudah mencapai 23 cm.

Upaya itu baru berhasil pada awal tahun 2016. Death Adder masuk perangkap salah seorang pemikat dalam kondisi mabung nyulam. Burung ini kemudian diboyong Om Johan Shia, pemilik Leuser Bird Shop, dan dikondisikan secara hati-hati agar bisa beradaptasi dalam perawatan manusia.

Om Johan kemudian memberinya nama Death Adder dengan kode L-230. Murai jawara alam inilah yang kemudian dibeli Om Joko Temanggung dan menjadi materi induk unggulan di kandang breeding murai batu Pamela BF.

breeding murai batu Pamela BF
Pasangan induk murai batu bahorok jodohan hutan koleksi Pamela BF

Anda ingin mendapatkan anakan Death Adder atau murai batu bahorok lainnya berkualitas? Kontak saja Om Joko, atau mampir ke farmnya di Parakan, Temanggung. (LBS)

Pamela-BF-Temanggung

PAMELA BF TEMANGGUNG

(penangkaran murai batu asli Bahorok dan Marike)

Kontak: Om Joko Temanggung (HP 085 2288 0515)

Alamat: Jalan Saubari No 56, Jetis Lor, Parakan, Temanggung, Jawa Tengah.

Salam Leuser...

ternak murai batu bahorok, ternak murai batu, murai batu bahorok, bohorok, cara, pemula, thailand, batam, kandang, sangkar, gantung, youtube, medan, super, sistem, poligami, koloni, aceh, cepat, bertelur, amiexs, asli, aceh, anyer, andi, bekasi, borneo, bogor, bali, blitar, cirebon, cilacap, ternak murai batu.com, cikarang, ciamis, cilegon, omkicau.com, pondok cabe, penangkaran, madiun, jogja, jogjakarta, malaysia, riau, jawa tengah, ekor panjang, ekor hitam, ekor putih, ebod jaya, bird farm, foto, gambar, video, vidio, global fauna, farm, forum, gresik, garut, gunungkidul, hutan, harian, heri anyer, muda, indramayu, di indonesia, ideal, ukuran, skl, jatibarang, jateng, jawa timur, jatim, juara, jambi, jombang, minimalis, klaten, kecil, kudus, kalimantan, kediri, kebumen, lahan, sempit, lampung, lamongan, lumajang, liar, lahat, surabaya, magelang, tangerang, mojokerto, jakarta, bandung, nias, raja, nganjuk, didi 88 jambi, ocdf, amiex, david, omset, obat, palembang, pekanbaru, pacet, pasaman, purwokerto, pasuruan, purworejo, rembang, rumahan, raptor, dalam rumah, dalam ruangan, ring, bnr, rrbf, pbi, arco, solo, sleman, sidoarjo, semarang, tanpa kroto, terbesar, tulungagung, tuban, terbaru, tegal, tasikmalaya, ulat, kandang, ideal, usaha, ukuran, umur, usia, vitamin, wilayah, malang, wonogiri, www.cara, www.kandang, www.ternak, burung , yogyakarta, yogya,1 jantan 2 betina, 2013, prospek, balak 6

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *