Kings Bali Murai BF fokus breeding murai batu bahorok dan murai batu marike

Sudah tiga tahun Om Eddy Huang menekuni bisnis penangkaran murai batu dengan mengibarkan bendera Kings Bali Murai BF yang bermarkas di Jalan Mina Utama, Gangg Mina Utama 2 No 818, Pesanggaran, Denpasar, Bali. Usahanya berkembang pesat dengan fokus pada breeding murai batu bahorok dan murai batu marike. Bahkan saat ini Kings Bali Murai BF tercatat sebagai salah satu breeder murai batu terbesar di Pulau Dewata.

Om Eddy Huang tidak akan melupakan jasa dua sahabatnya, yakni Om Johan Shia (pemilik Leuser Bird Shop Pekanbaru) dan Om Willy (pemain senior dan penangkar burung di Belitung). “Setelah ngobrol lama dengan dua sahabat tersebut, saya makin tertarik untuk beternak murai batu. Tak lama kemudian, saya membangun kandang,” ujarnya.

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Sebagian kandang penangkaran murai batu Kings Bali Murai BF di Denpasar.

Sejak awal Om Eddy memang fokus untuk beternak murai batu bahorok dan murai batu marike. Sesuai dengan namanya, kedua jenis murai batu ini berasal dari Bahorok dan Marike: dua kawasan di perbatasan Sumatera Utara – Nanggroe Aceh Darussalam. Seluruh materi induk murai batu diperolehnya dari Om Johan Shia.

Eddy Huang
Om Eddy Huang, owner Kings Bali Murai BF.

Menurut dia, murai batu bahorok atau sering disebut murai batu medan memiliki sejumlah keunggulan, antara lain kondisi fisik yang prima, mental bertempur yang bagus, dengan volume yang tembus pula. Performa murai batu marike juga hampir sama. Murai ini berasal dari Marike, di kaki Gunung Tanah Karo yang menjadi habitat murai-murai unggulan di Sumatera Utara.

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Om Eddy Huang (tengah) dan Om Johan Shia (kiri) di markas Leuser Bird Shop Pekanbaru.

Om Eddy membangun puluhan petak kandang di di atas tanah seluas 1.000 m2 di kawasan Pesanggaran, Denpasar. Saat ini sudah ada 60-an petak kandang, dan semuanya berisi pasangan induk murai batu dari Bahorok dan Marike.

Salah satu induk unggulannya adalah murai batu Black Mamba (L-99) yang melegenda. Murai asli hutan Marike ini memiliki panjang ekor 23 cm. Selain itu, ada juga induk unggulan bernama L-16 yang juga berasal dari Marike.

breeding murai batu bahorok
Murai batu Black Mamba, salah satu induk favorit milik Kings Bali Murai BF.

Dalam menjalankan penangkaran murai batu, Om Eddy tak mau setengah-setengah. Bahkan dia mengantongi izin resmi dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Bali. Kesuksesannya dalam budidaya murai batu juga diapresiasi Pelestari Burung Indonesia (PBI) yang beberapa kali memberinya penghargaan.

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Penghargaan PBI Pusat untuk Kings Bali Murai BF.
Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Om Eddy ketika menerima penghargaan dari PBI Pusat di Jogja.

Berkat bimbingan Om Johan Shia dan Om Willy Belitung, Kings Bali Murai BF berkembang pesat. Bukan hanya produksi yang berlimpah, namun juga selalu habis terserap pasar. Bahkan terkadang para peminat harus antri menunggu (indent) untuk mendapatkan anakan murai batu bahorok dan murai batu marike.

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Kunjungan Ketua PBI Pusat H Bagya Rakhmadi SG (2 dari kiri) ke markas Kings Bali Murai BF di Denpasar.

Harga trotolan murai batu hasil produksi Kings Bali Murai BF dibanderol mulai Rp 6,5 juta hingga Rp 8,5 juta per ekor, dalam kondisi sudah bisa makan sendiri. Meski harganya relatif mahal, Anda bakal mendapat jaminan bahwa produk yang dipasarkan merupakan murai batu asli Bahorok dan Marike.

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Murai batu L-231 koleksi Kings Bali Murai BF.
Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Salah satu pasangan induk murai batu milik Kings Bali Murai BF.
Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Anakan murai batu pascapenen.

Kings Bali Murai BF

Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Beberapa trotolan murai batu produksi Kings Bali Murai BF.
Anakan murai batu Black Mamba
Anakan murai batu Black Mamba paling banyak dicari.
Breeding murai batu Kings Bali Murai BF
Om Eddy menerima kunjungan Om Candra yang membeli MB K-109 dan K-154

Perbedaan harga ini dipengaruhi kualitas induknya. Kalau induknya lebih spesial, tentu harganya lebih mahal pula. Sudah banyak penggemar murai batu rumahan dan pemain yang membeli anakan murai batu dari Kings Bali Murai BF. (LBS)

breeding murai batu Kings Bali Murai BF Denpasar

KINGS BALI MURAI BF

(penangkaran murai batu asli Bahorok dan Marike)

Kontak: Om Eddy Huang (HP / WA 081 337 999 318)

Alamat: Jalan Mina Utama, Gangg Mina Utama 2 No 818, Pesanggaran, Denpasar, Bali.

Salam Leuser.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *