Mengatasi murai batu yang nyekukruk dan tidak bersemangat

Sebagaimana manusia, burung murai batu juga kerap menghadapi berbagai permasalahan, baik yang terkait dengan kondisi fisik, stamina, maupun kesehatannya. Salah satu permasalahan yang kerapkali dijumpai adalah murai batu yang nyekukruk dan tidak bersemangat.

Sebenarnya, sebagian besar gangguan kesehatan / penyakit yang dialami murai batu disertai dengan gejala nyekukruk (bulu-bulu tubuhnya mengembang) dan tidak bersemangat. Gejala lainnya adalah burung menjadi malas bergerak, hanya diam saja di atas tangkringan, atau bahkan di dasar sangkar.

Jika murai batu yang nyekukruk tersebut masih mau mengkonsumsi pakan, baik pakan kering (voer) maupun extra fooding (EF) seperti jangkrik dan kroto, kemungkinan besar burung terkena cacingan. Solusinya tentu diobati dengan produk-produk khusus pemusnah cacing di dalam organ pencernaan burung.

murai batu nyekukruk
Tips mengatasi murai batu nyekukruk dan tidak semangat | Foto: Pradipta 

Tetapi apabila burung nyekukruk ini sudah malas atau bahkan tidak mau makan, berarti ada penyakit lain atau gangguan kesehatan yang cukup berat. Kalau itu yang terjadi, lakukan beberapa tindakan sebagai berikut:

  • Pindahkan burung ke sangkar karantina dalam kondisi full kerodong, dan ditempatkan dalam ruangan yang nyaman.
  • Pasang lampu bohlam 5 Watt di bagian atas sangkar, agar burung memperoleh kehangatan.
  • Untuk sementara, sangkar tidak perlu diberi tenggeran dulu. Kalau mau tetap menggunakan tenggeran, aturlah posisinya sekitar 3-5 cm dari dasar sangkar.
  • Usahakan burung tidak mendengar suara burung sejenis maupun jenis burung lainnya.
  • Berikan pengobatan sesuai dengan jenis penyakitnya.
  • Selama belum mau makan, lolohkan adonan yang terdiri atas voer, jangkrik, dan kroto segar (ditambah sedikit air) langsung ke paruh murai batu yang sakit.
  • Untuk sementara, burung tidak perlu dimandikan maupun dijemur dulu.

Salam Leuser.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *