Falcon BF Sukabumi mulai hasilkan produk bahorok series

Di Kota Sukabumi, Jawa Barat, terdapat penangkar murai batu bahorok. Namanya Falcon Bird Farm, Jalan Pabuaran No 217, Kota Sukabumi. Breeding murai batu ini milik Om Fajar Rasaja, dan menjadi salah satu breeder mitra binaan Leuser Bird Farm Pekanbaru.

breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Om Fajar Rajasa di depan kandang penangkaran murai batu Falcon BF Sukabumi.

Bagi Om Fajar Rajasa, breeding murai batu memang bukan pekerjaan utamanya, karena sehari-hari dia dikenal sebagai pejabat di Pemerintah Kota Sukabumi. Karena itu, dia menempatkan ternak murai ini lebih sebagai hobi.

Meski demikian, dia tak mau setengah-setengah dalam menekuni hobinya. Kendati jumlah pasangan induk murai batu miliknya belum terlalu banyak, materi induknya merupakan trah berkualitas, yakni murai batu bahorok yang dipasok dari Leuser BF Pekanbaru milik Om Johan Shia.

breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Murai batu Taipan (L-300), materi induk unggulan koleksi Falcon BF.

Saat ini Falcon BF baru memiliki 8 petak kandang ternak, 5 diantaranya sudah terisi pasangan induk yang aktif berproduksi. “Sedikit, tapi berkualitas. Itu prinsip saya dalam breeding murai batu,” tutur Om Fajar Rajasa yang kini menjadi Camat Gunung Puyuh, Kota Sukabumi.

breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Murai batu Taipan dan pasangannya terekam kamera CCTV sedang mengerami telur.

Apa yang dituturkannya dibenarkan Om Johan Shia. Salah satu induk jantan koleksi Falcon BF adalah murai batu Taipan (L-300) yang sangat berkualitas. Om Fajar pun berharap, Taipan bisa menjadi basic blood andalannya.

Kini Falcon BF Sukabumi makin lancar menghasilkan anakan murai batu bahorok / bahorok series. Setiap anakan memiliki kode depan F, dengan kombinasi angka di belakangnya. Misalnya F-18, F77, dan seterusnya.

breeding murai batu Falcon BF Sukabumi
Beberapa produk bahorok series hasil ternak Falcon BF Sukabumi.

Tak sekadar menjual anakan murai batu bahorok trah juara, Om Fajar bahkan sudah membuktikan beberapa hasil ternaknya dalam even-even di seputaran Sukabumi. Misalnya murai batu Camat hasil breedingnya yang beberapa kali menjuarai lomba.

 

“Camat pernah menjadi runner-up di kelas bergengsi dalam even Gebyar Benglap di Sukabumi tahun 2016. Padahal umurnya ketika itu baru 18 bulan. Karena sering juara, banyak yang meminang Camat, dan akhirnya jatuh ke salah seorang pemain di Blok Barat,” jelas Om Fajar.

Kelak, setelah pensiun dari PNS, Om Fajar Rajasa ingin lebih fokus lagi dalam mengembangkan usaha penangkaran murai batu, terutama murai batu bahorok yang saat ini paling banyak dicari penggemar rumahan, pemain lomba, maupun para penangkar murai batu di berbagai daerah. (LBS)

breeding murai batu Falcon BF Sukabumi

FALCON BF SUKABUMI

(penangkaran murai batu bahorok)

Kontak Om Fajar: HP 0858 721 00999 |  WA / SMS: 0852 817 00999 | Pin BB: D4A78C25

Facebook: Falcon BF Sukabumi | Instagram: falconbfsmi

Alamat: Jalan Pabuaran No 217, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Salam Leuser.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *