Taman Sari BF Madiun kembangkan trah Marike Super

Sejak tahun 2015, Om Sigit Brem telah menjalin kemitraan dengan Leuser Bird Shop Pekanbaru milik Om Johan Shia. Dalam kemitraan ini, Om Sigit selaku pemilik penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun mendapat pasokan indukan dari Om Johan.

penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Om Sigit Brem di depan kandang penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun.

Sebagai penyedia murai batu bahorok dan murai batu marike, Om Johan rutin mengirim calon induk, pasangan induk, hingga burung muda prospek dari kedua jenis murai batu tersebut. Burung-burung unggulan inilah yang kemudian menjadi indukan di Taman Sari BF yang dikenal dengan ring Gavin.

Om Sigit yang juga pemilik toko pusat oleh-oleh khas Madiun, termasuk brem, saat ini lebih fokus ke murai batu bahorok dan murai batu marike karena lebih banyak peminatnya, serta sering moncer di arena lomba.

Om Sigit Brem
Toko pusat oleh-oleh khas Madiun milik Om Sigit ramai dikunjungi pembeli.

Salah satu materi indukan unggulan di Taman Sari BF adalah murai batu Marike Super (L-780). Selain itu, masih ada 14 pasangan induk lainnya yang hampir semuanya merupakan murai batu dari Marike dan Bahorok yang dipasok Leuser Bird Shop.

Dengan memiliki 15 pasangan induk, Taman Sari BF setiap bulan dapat memanen sekitar 15-20 ekor anakan murai batu trah unggulan. Setelah dirawat dan dibesarkan hingga umur 1,5-2 bulan, trotolan murai batu langsung dikirim ke para pemesan yang terlebih dulu antre (indent).

penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Induk unggulan koleksi Taman Sari BF Madiun yang dipasok dari Leuser BF Pekanbaru.

Mengingat jumlah induknya masih terbatas, sedangkan order sangat tinggi, Om Sigit Brem mengaku agak kewalahan memenuhi permintaan konsumen. Karena itulah, dalam kondisi tertentu, pemesan harus indent terlebih dulu.

“Meski produksi terbatas, yang penting berkualitas. Hampir semua konsumen merasa puas terhadap kualitas anakan murai batu yang dibelinya. Murai batu marike maupun murai batu bahorok memang punya banyak keistimewaan, baik kualitas suara, postur yang ideal, hingga mentalnya super-fighter,” kata Om Sigit.

penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Om Sigit Brem bersama para pembeli murai batu di penangkarannya.

Sebagian pelanggan Om Sigit adalah kalangan pemain murai, tapi ada juga penggemar rumahan, dan  para peternak murai batu. Mereka juga tertarik mengembangbiakkan murai batu dari dua daerah di perbatasan Sumatera Utara dan Aceh tersebut.

penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Salah satu pasangan jodohan alam milik Taman Sari BF Madiun.

Harga trotolan produksi Taman Sari BF memang bervariasi, tergantung dari kualitas induknya. Paling murah hanya Rp 3 juta. “Pemesan datang dari berbagai kota, mulai dari Surabaya, Malang, Bandung, Jakarta, hingga Solo,” tandasnya.

penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Piyikan murai batu pascapanen (umur 7 hari).
penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Sebelum dipasarkan, trotolan murai batu rutin menjalani perawatan dan pemasteran.
penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Trotolan murai batu hasil breeding Taman Sari BF Madiun.
penangkaran murai batu Taman Sari BF Madiun
Trotolan murai batu siap dipasarkan pada umur 1,5-2 bulan.

Om Sigit Brem bukan hanya piawai dalam breeding murai batu. Dia juga pemain lomba, baik di kelas murai batu, cucak hijau, maupun kenari. Beberapa gaconya pernah menjuarai even nasional seperti Piala Raja di Jogja (2015) dan B16 Cup di Tangerang (30/4/2017).

Om Sigit Brem
Om Sigit Brem saat menjuarai even nasional Piala Raja 2015 (kiri) dan B16 Cup 2017.

Kalau Anda ingin memiliki murai batu bahorok dan murai batu marike dari trah indukan berkualitas, mampir saja ke markas Taman Sari BF Madiun, atau kontak dulu Om Sigit. (LBS)

Taman Sari BF Madiun

(penangkaran murai batu bahorok dan marike)

Kontak: Om Sigit –0813 5900 7800

Alamat: Jalan Pahlawan No 9, Madiun, Jawa Timur.

Salam Leuser.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *